Apa komik favoritmu? Apakah Naruto, One Piece, Detective Conan, atau Crayon Shin-chan?

Apapun itu, komik asal Jepang selalu menarik untuk diikuti. Selain gambar yang cukup rapi, ceritanya pun selalu bikin penasaran. Tokoh-tokoh di dalamnya juga memiliki karakter unik dan nggak biasa.

Tapi, tokoh manga yang satu ini benar-benar unik dan nggak ada duanya. Soalnya, dia adalah seorang siswi yang mengenakan hijab, beragama Islam, dan berasal dari Indonesia. Penasaran, kan? Intip deh ulasan singkatnya.

Komik one shot yang dimuat di majalah bulanan

via comicvine.com

Bagi pecinta komik, tentu sudah tahu dengan istilah one shot. Tapi, buat kamu yang belum tahu, one shot merupakan cerita pendek alias langsung tamat dalam satu chapter saja.

Nah, komik yang mengangkat tema “Hari itu dunia berakhir” ini merupakan komik one shot yang dimuat di salah satu majalah komik bulanan di Jepang, Kiss.

Sedangkan tema komiknya,

Mengangkat kisah seorang Muslim yang ingin naik haji

1518528611_76_unik-siswi-berhijab-dan-ajak-naik-haji-muncul-di-komik-jepang Unik! Siswi Berhijab Dan Ajak Naik Haji Muncul Di Komik Jepang

via twitter.com/IwanPalsu

Rasanya baru pertama kali ini komikus Jepang mengangkat cerita tentang kehidupan seorang Muslim ke dalam komik ciptaannya.

Komik ini sendiri bercerita tentang meteor raksasa yang akan jatuh ke bumi. Jatuhnya meteor raksasa ini disebut-sebut sebagai akhir dunia. Lantas, apa yang seharusnya kita lakukan sebelum dunia berakhir?

Seorang siswi berhijab asal Indonesia, yang menjadi pemeran utama dalam komik, menganggap bahwa naik haji merupakan jawaban paling tepat untuk pertanyaan tersebut. Ia juga memiliki mimpi untuk naik haji sebelum dunia berakhir. Kira-kira bisa meraihnya nggak, ya?

Usut punya usut, komik unik dibuat oleh Tsunami Umino untuk cerita dan Shinji Ohara untuk gambar. Ternyata,

Kedua pengarang komik ini bukan seorang Muslim, lho

1518528611_548_unik-siswi-berhijab-dan-ajak-naik-haji-muncul-di-komik-jepang Unik! Siswi Berhijab Dan Ajak Naik Haji Muncul Di Komik Jepangvia twitter.com/IwanPalsu

Meski menjadikan seorang siswi berhijab sebagai tokoh utama, baik Umino maupun Ohara bukanlah seorang muslim. Tapi, Umino mengaku sangat menghargai agama Islam.

Bahkan, untuk menciptakan komik yang satu ini, dia meminta bantuan seorang ahli Islam di Jepang. Umino ingin bisa menggambarkan ajaran agama Islam dengan sebenarnya dalam karya yang dibuatnya.

“Supaya tidak menggambarkan hal yang kurang tepat dari segi ajaran Islam, saya berkali-kali menulis ulang naskah komiknya dengan bantuan para ahli,” tulis Umino di blog pribadinya.

Apalagi budaya Jepang dan Islam adalah hal yang cukup berseberangan. Salah satunya mengenai pacaran yang dipandang secara berbeda oleh budaya Jepang dan Islam.

Karya Umino dan Ohara ini tentu patut di apresiasi. Apalagi belum banyak komikus internasional yang menjadikan seorang wanita berhijab sebagai tokoh protagonis dalam komiknya.

Tertarik membaca komik unik yang satu ini? Yuk, share ke pecinta komik lainnya biar mereka tahu juga!

Tinggalkan Balasan